Alasan RSBI/SBI dibubarkan

RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) dinyatakan bubar oleh Mahkamah Konstitusi , karena dianggap tidak memiliki landasan hukum yang kuat. Sementara di beberapa Kota besar banyak ditemukan sekolah bertaraf internasional tersebut. Ada beberapa alasan mengapa RSBI dibubarkan oleh Mahkamah Konstitusi. Diantaranya :

Diskriminatif

RSBI / SBI menimbulkan perlakuan diskriminatif di bidang pendidikan, sehingga bertentangan dengan prinsip konstitusi. Jadi hanya anak-anak yang mampu dalam hal materi yang bisa bersekolah di RSBI, dikarenakan biaya yang dikenakan jauh lebih tinggi dengan sekolah biasa atau regular. Seharusnya memberikan perlakuan yang sama antar sekolah dan antar peserta didik apalagi sama-sama sekolah milik pemerintah.

Bahasa Inggris, jauh dari jati diri bangsa

Keberadaan RSBI juga dinilai menjauhkan dunia pendidikan dengan jati diri bangsa. Hal ini didasarkan pada bahasa pengantar untuk sekolah RSBI adalah bahasa asing yaitu Bahasa Inggris

Sebenarnya RSBI juga mempunyai dampak yang positif dalam dunia pendidikan. Tidak ada salahnya Indonesia memiliki Sekolah Bertaraf Internasional, supaya indonesia bisa sejajar dengan sekolah-sekolah di luar negri sana. Karena perguruan tinggi saja mempunyai word class mengapa sekolah tidak bisa ?

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s