Tax Evasion dan Kejujuran Auditor Pajak

Pengertian pajak adalah iuran yang wajib di bayarkan oleh wajib pajak bersifat memaksa berdasarkan UU dan tidak mendapatkan imbalan secara langsung. Dari definisi pajak tersebut berarti seluruh masyarakat Indonesia wajib membayar pajak karena sifatnya memaksa. Tapi akhir-akhir ini banyak kasus yang menyoroti tentang dana pajak ini akhirnya di salurkan kemana, memang secara tertulis untuk pembangunan infrastruktur, subsidi untuk orang-orang yang tidak mampu yang berada di pelosok- pelosok, gaji pegawai nergi dan pemerintah, tapi sekarang ini banyak penyimpangan yang di lakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab dengan cara menggelapkan pajak atau tax evasion tersebut, yang akhirnya di pakai untuk kepentingan pribadi.

Banyak cara yang di lakukan orang untuk menghindari pajak , menghindari pajak sah sah saja tidak melanggar hukum, yang melanggar hukum apabila menghindari pajak dengan cara illegal. Di saat orang menghindari pajak karena berada dalam situasi uang yang di pakai untuk membayar pajak lebih berharga di belikan beras, ketidakmampuan membayar pajak sebagian orang memilih untuk lebih mementingkan kehidupan nya sehari-hari yang hasilnya lebih nyata di bandingkan dengan membayar pajak yang hasilnya belum tentu ia rasakan.

Kadangkala penggelapan pajak di lakukan oleh pengusaha besar dan para pejabat ataupun orang – orang penting lainnya yang memiliki posisi dalam suatu badan ataupun institusi lainnya. Penggelapan pajak dengan cara memanipulasi data laporan keuangan pun sering kali kita temukan dalam suatu perusahaan dengan cara menaikan biaya dan menurunkan tingkat penjualan sehingga perusahaan tersebut dikenakan pajak yang sedikit dari yang seharunya perusahaan tersebut bayar.

Di sinilah justru peran auditor yang jujur sangat di perlukan agar suatu perusahaan membayar pajak dengan semestinya, dengan mengecek laporan keuangan. Sebaiknya auditor ini tidak memiliki hubungan kerja sebelumnya, sehingga tidak dapat melakukan kecurangan pada pemeriksaan laporan keuangan. Seorang auditor pajak juga di tuntut untuk jujur dan tidak tergoda oleh sogokan. Karena Auditor Pajak  memiliki tangung jawab kepada Karikpa apakah ia bertanggung jawab apakah si wajib pajak sudah memenuhi ketentuan perundangan perpajakan.

Penggelapan pajak selain merugikan kas Negara , juga berdampak buruk pada perekonomian. Beberapa kerigian yang terjadi akhibat penggelapan pajak :

  1. bila penerimaan pajak tidak sesuai dengan anggaran, besar kemungkinan tarif pajak akan dinaikan lagi
  2. pertumbuhan ekonomi akan mengalami stagnasi karena menurunnya produktivitas
  3. mereka yang seharusnya mendapat subsidi pajak berupa fasilas negara yang di bangun dari hasil pungutan pajak, akan terbengkalai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s