Ibu kota banjir lagi

Banjir melanda ibu kota ‘lagi’ semenjak seminggu yang lalu kota Bogor di guyur hujan dengan intensitas yang sangat tinggi, sehingga ibu kota kebanjiran lagi.

Musim penghujan memang menjadi berkah yang ditunggu ketika kemarau lama melanda. Di seluruh pelosok negeri menuggu hujan agar dapat kembali bercocok tanam setelah tanah kering karna kemarau. Hujan memang menjadi harapan ketika para petani di negeri ini hanya mengandalkan hujan untuk pengairan tanaman mereka. Indonesia memang hanya memiliki dua musim yaitu penghujan dan kemarau.

Ketika hujan menjadi berkah tidak untuk mereka yang tinggal di ibu kota jakarta dengan kali yang  ada. Musim penghujan memang menjadi momok bagi warga jakarta terutama mereka yang tinggal di pinggir kali. Hujan turun kali meluap menggenangi wilaya sekitarnya dan warga mulai repot menghadapi air kali. Jakarta memang memiliki sejarah panjang dengan banjir yang tidak pernah teratasi.

Jakarta kebanjiran itulah yang terjadi ketika musim penghujan kembali datang membuat kali meluap. Memang tidak dapat dipungkiri dengan keadaan kali yang kotor dan berlimpah sampah banjir pasti akan menggenangi. Kehidupan pinggir kali yang tidak sehat memang menjadi faktor utama meluapnya kali di jakarta. Warga pinggir kali memang terlalu sering membuang sampah sembarangan di kali yang menyumbat aliran kali.

Kehidupan pinggir kali di jakarta memang menjadi wacana ketika banjir terus menggenangi jakarta. Warga pinggir kali yang kehidupannya di kali memang membutuhkan kali tapi tidak bisa menjaga kebersihan kali.  Pemerintah DKI jakarta telah banyak mencanangkan program untuk mengatasi banjir yang menggenangi ibu kota. Program normalisasi kali menjadi salah satu cara untuk mengatasi banjir dimana keadaan kali yang semakin sempit dan dangkal.

Keadaan kali di jakarta memang sangat memperihatinkan karena perawatan dan kesadaran warga memang sangat kurang. Perawatan kali di jakarta memang dibutuhkan agar kali tetap normal dan tidak meluap. Keadaan jakarta dengan daerah yang secara geografis memang rendah akan diperparah lagi dengan keadaan kali yang kotor dan tidak terawat. Faktor penting lain yang menjadi penyebab banjir dan meluapnya kali tidak lain adalah kurangnya kesadaran warga untuk tidak membuang sampah di kali.

Sampah memang akan selalu terlihat di setiap kali di jakarta. Sampah menumpuk menyumbat aliran air di kali dan membuat kali meluap. Ketika sampah menjadi penyebab banjir siapa yang harus disalahkan. Kesadaran warga sekitar kali yang sangat kurang memang membuat mereka membuang sampah sembarangan di kali. Warga memang biasa dengan keadaan banjir yang pasti akan menggenangi rumah mereka setiap musim penghujan datang. Banjir datang warga pinggir kali biasanya telah terbiasa untuk selalu siap untuk mengungsi.

Mengatasi banjir jakarta memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Keadaan banjir yang terus menggenangi ibu kota memang menjadi permasalahan yang sebenarnya tidak pernah habis untuk diperbincangkan. Segala macam cara untuk mengatasi banijr telah dilakukan oleh pemerintah DKI jakarta. Proses pembersihan sampah di kali telah dilakukan oleh pemerintah untuk memperlancar aliran air kali. Pemerintah DKI jakarta sekarang yang dipimpin oleh gubernur Jokowi memang telah memilah program program terbaik untuk mengatasi banjir.

Mengatasi banjir memang menjadi program utama selain macet yang harus dilakukan oleh setiap pemimpin jakarta. Jokowi telah membicarakan program untuk pembuatan rusun di atas kali untuk merelokasi warga pinggir kali agar tidak terkena banjir. Program normaliasi kali juga telah disampaikan oleh jokowi dengan memperdalam kali dan mengatasi sampah. Pengadaan tempat sampah memang menjadi hal penting agar warga tidak membuang sampah sembarangan di kali. Jokowi memang dituntut untuk mengatasi permasalahan ibu kota terutama banjir.

Banjir lagi, itulah yang selalu akan terdengar dan terlihat di ibu kota jakarta jika musim penghujan datang. Jakarta akan terus kebanjiran jika pemerintah dan warganya tidak bersama-sama menciptakan kali jakarta yang bersih dan nyaman. Banjir akan teratasi ketika program pemerintah berjalan baik dan diikuti juga dengan kesadaran warga untuk menjaga kali. Ibu kota dengan banjir memang bukan pemandangan yang sedap dilihat mata.

 

sumber : http://green.kompasiana.com/iklim/2012/12/11/banjir-lagi-515837.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s